Memaknai Pramuka Untuk Masa Depan

Pramuka Untuk Masa Depan
Pramuka merupakan Organisasi universal, siapa saja boleh mengikuti, dari yang hidup di kota sampai di desa, dari yang miskin sampai yang kaya. Tidak memandang batasan. Pramuka merupakan satu satunya organisasi yang memiliki hasduk/ setangan leher/ scraft MERAH PUTIH sebagai sebuah perlambang bendera Indonesia. Hasduk tersebut multigungsi apabila digunakan untuk menyangga ketika terjadi kecelakaan, pengikat hingga sebagai masker apabila terjadi kondisi yang tidak di inginkan.

Pramuka menyiapkan kader kader bangsa untuk masa depan, bekal keterampilan, kepemimpinan yang terbentuk di pramuka bisa menjadi modal seorang pramuka menjadi pemimpin bangsa. Pramuka merupakan bekal yang seharusnya di bawa para pemimpin bangsa, pendidikan karakter, mental, spiritual dan intelektual yang didapatkan di pramuka merupakan nilai tersendiri untuk modal memimpin. Seorang pramukalah yang memberikan perubahan dalam jalannya roda kepemimpinan di kepramukaan. Wadah dalam mengembangkan diri di pramuka dimulai dalam Satuan Regu/ Sangga, kemudia di Dewan Ambalan, Satuan Karya, Dewan Kerja dan Sangga Kerja. Pengembangan diri tersebut haruslah didampingi oleh Pembina dan di dukung oleh Istruktur dan Kwartir maupun Instansi Terkait. 

Pada akhirnya kitalah yang membutuhkan pramuka, dan jangan sampai beranggapan pramuka membutuhkan kita, karena tanpa kita pramuka pun terus berjalan. Hidupilah Pramuka dan jangan mencari hidup di Pramuka.

Ma'ruf Cahyadi - Admin @pramukaupdate

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar